Skip to main content
Tabungan 4 juta sudah bisa dapat visa Tourist New Zealand

Syarat Visa Tourist New Zealand Hanya Perlu 4 Juta Saldo

Baru-baru ini saya menyadari bahwa New Zealand memberikan angka yang official untuk pengunjung yang ingin berlibur ke New Zealand.

Informasi ini datang langsung dari website pemerintah New Zealand. Tidak seperti visa tourist Australia yang tidak memberikan angka yang pasti untuk minimal saldo yang harus di tunjukan untuk visa touristnya.

Perlu di perhatikan angka yang di publikasikan ini adalah angka untuk 1 pengunjung. Jadi kalau kamu mengajukan untuk lebih dari 1 visitor visa tentunya angka ini harus di sesuaikan ya.

Satu lagi, memiliki minimal saldo juga bukan menjadi kepastian visa visitor New Zealand ini pasti di terima. Pelajari detail dan informasi nya di bawah ini.

Bila Sudah Ada Akomodasi Cukup $400 NZD Untuk Perjalanan 1 Bulan

Di nyatakan oleh website imigarasi Selandia Baru , bahwa kamu setidaknya harus memiliki akses dana sebesar $400 NZD pada saat mengajukan visa turis New Zealand ini.

Berarti dalam rupiah ini sebenarnya kurang dari Rp 4.000.000. Pada saat penulisan artikel ini, 1 NZD berkisaran di Rp 9.700. Angka ya yang sebenarnya tidak jauh dari gaji UMR Indonesia.

Dan angka $400 NZD menjadi patokan untuk yang mau mendatangi negara New Zealand ini selama 1 bulan. Berarti kalau rencana perjalanan kamu lebih pendek dari 1 bulan, seharusnya dana yang di butuhkan lebih rendah.

Tetapi angka ini harus dengan kondisi, yaitu kamu sudah bayar atau sudah punya akomodasi di New Zealand nya nanti. Kamu bisa menunjukan voucher hotel kamu sebagai bukti bahwa akomodasi sudah di bayar. Atau untuk yang menumpang di rumah keluarga atau teman dilampiri surat sponsor, dengan pernyataan bahwa kamu benar-benar di undang untuk tinggal di tempatnya.

Ingat bukan bookingan hotel yang seperti “pay at the hotel” ya, tapi harus bukti yang sudah di bayar, karena di website nya di nyatakan selain pakai voucher hotel kamu bisa pakai receipt pembayaran nya.

Bisa Pakai Limit Kartu Kredit, Kalau Saldo Kurang

Persepsi yang masih sering di salah mengerti kalangan orang Indonesia, bukan berarti kamu ada saldo yang dengan $400 NZD melainkan kamu punya akses uang sebanyak $400 NZD.

Kalau saldo kamu kurang, ini bisa di kompensasi dengan hal-hal seperti:

  • Aset Investasi – seperti Crypto, Stock dan Reksadana
  • Limit Kartu Kredit
  • Limit PayLater

Kalau saldo yang bisa kamu tunjukan kurang dari angka $ 400 NZD tersebut, maka kamu bisa coba mengajukan dengan bukti alternatif yang saya sebutkan di atas.

Bila Belum Ada Akomodasi Minimal Tabungan Menjadi $1000 NZD

Untuk yang belum punya akomodasi, syarat keuangan yang harus bisa kamu tunjukan sebesar $1000 NZD atau sedikit kurang dari Rp 10.000.000. Official statement nya bisa dilihat disini.

Akomodasi yang sudah di bayar bukan syarat untuk mengajukan visa turis New Zealand. Jadi sebenarnya kamu tidak harus ada akomodasi ataupun tiket pesawat untuk mendapat visa turist dari Selandia Baru ini.

Angka $1000 NZD ini juga untuk patokan yang ingin berkunjung selama 1 bulan dan perorang. Dan bila kamu tidak melampirkan bukti akomodasi di aplikasi visa kamu.

Pakai Sponsor Bila Saldo Tidak Mencukupi

Kalau angka kamu tidak sampai denga angka yang di publikasikan pemerintah New Zealand di atas, cara lain yang bisa kamu ajukan adalah menggunakan surat sponsor.

Surat sponsor ini bisa surat sponsor orang tua, yang menyatakan bahwa semua pengeluaran liburan kamu akan di tanggung oleh orang tua. Tetapi kamu tetap harus minta bukti keuangan orang tua kamu ya.

Kalau bisa, yang memberikan sponsor adalah orang-orang dekat misalnya: suami/istri (pasangan), keluarga dekat atau perusahaan dimana kamu kerja.

Sebenarnya sah-sah saja bila ada teman yang mau memberikan sponsor finansial, tetapi semakin dekat relasi sang sponsor, semakin rendah resiko penolakan visa kamu.

Biaya Visa $211 NZD dan Kira-kira 4 Minggu Prosesnya

Per tahun 2024 ini, biaya aplikasi visa turis New Zealand hampir sama dengan visa Australia, yaitu $211 NZD (Rp 2 jutaan ), bila melalui jalur online.

Sebenarnya ini angka yang lebih murah bila di bandingkan visa-visa seperti Amerika, Canada, atau Schengen Eropa. Dan seperti visa Australia, kamu tidak ada biaya seperti medical check up atau asuransi kesehatan saat perjalanan kamu.

Menurut website imigrasi New Zealand, biasanya 80% aplikasi visa turis itu di proses dalam waktu 4 minggu. Tapi biasanya lama nya pengajuan visa itu tergantung dari antrian. Jadi kalau kamu mengajukan visa di bulan-bulan yang sepi jumlah pengaju nya, ada kemungkinan bisa di proses lebih cepat.

Tetap Harus Memenuhi Syarat Lain, Dan Kalau Bisa Berikan Dokumen yang Lain

Saldo atau kemampuan yang cukup bukan berarti suatu pengaju visa itu pasti mendapatkan visa New Zealand. Kriteria-kriteria lain tetapi harus di penuhi ya.

Kalau bisa dokumen yang kamu berikan saat proses pengajuan nanti, selengkap mungkin. Biarpun dokumen tidak di minta sebagai syarat, kalau bisa membantu memperkuat pengajuan visa kamu saran saya lampirkan saja

Contohnya, bila aplikasi visa kamu pakai surat sponsor teman, tunjukan relasi kamu dengan teman mu benar-benar authentic. Kamu bisa lampirkan foto lama kamu kalau dia teman lama sampai percakapan atau chat yang intim sebagai bukti.

Jadi kamu juga menunjukan niat kamu datang ke negara Selandia Baru ini serius. Karena setiap yang mengajukan visa selalu di anggap kasus yang “unik” jadi bukti pendukung lainnya boleh di lampirkan.

Bisa Apply Online dan Offline Untuk Visa Turis New Zealand

Opsi untuk mendapatkan visa pengunjung New Zealand, selain melalui jalur online masih bisa menerima jalur offline juga melalui VFS Indonesia.

Cara Mengajukan Visa Online

Untuk mendapatkan visa online bisa mengunjungi website Imigrasi New Zealand disini.

Pastikan semua dokumen-dokumen kamu, termasuk pas foto, passport, bank statement sampai surat sponsor dan lain-lainnya sudah berbentuk PDF. Dan file size dan format nya juga harus mengikuti panduan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah New Zealand.

Untuk informasi mengenai file format pas foto bisa dilihat disini.

Biaya untuk apply online visa New Zealand
screenshot dari website https://www.immigration.govt.nz/

Cara Mengajukan Visa Offline

Untuk pengajuan secara offline (cocok untuk pengaju yang sudah berumur dan tidak mau ber interaksi dengan teknologi) masih bisa melalui VFS Indonesia.

Tetapi memang biaya nya lebih mahal dari pengajuan online, per tahun 2024 ini adalah Rp 2.500.000 + Rp 363.000 dan harus di bayarkan di tempat. Tetapi kalau kamu melalui pihak ketiga mungkin ada biaya lain yang terlibat.

Untuk pengajuan offline kalian harus menyiapkan formulir nya dulu (lihat disini), buat janji untuk kedatangan (bisa di wakilkan) dan siapkan semua dokumen pendukung nya secara fisik.

> Baca Artikel Humbler Brother untuk Cara Apply Visa New Zealand Secara Offline

Untuk detail nya bisa dilihat di website VFS langsung.

Biaya untuk apply offline visa New Zealand
screenshot dari https://www.immigration.govt.nz/

Memenuhi Minimal Saldo Bukan Berarti Pasti di Terima

Perlu di ketahui, mempunyai minimal saldo (atau bahkan lebih) bukan berarti kamu pasti mendapatkan tourist Visa New Zealand. Faktor-faktor lain juga akan di pertimbangkan oleh pemerintah New Zealand.

Jadi pastikan seperti yang saya infokan di atas, dokumen kamu harus lengkap (atau lebih dari lengkap bahkan). Dan dokumen nya harus memperkuat alasan kepergian dan kepulangan kembali ke Indonesia.

Untuk melihat syarat-syarat lain yang harus dilengkapi bisa dilihat di website official government New Zealand disini.

Bila kalian sudah siap untuk mengajukan visa pelajari aritkel lain kami tentang visa New Zealand:

2 thoughts to “Syarat Visa Tourist New Zealand Hanya Perlu 4 Juta Saldo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *