Skip to main content
Tips untuk menjalankan ibadah sholat di Melbourne

Tips Sholat Saat Liburan ke Melbourne

Untuk warga Indonesia khususnya yang beragama islam, mungkin harus melakukan menyesuaian terhadap kultur dan kebiasaan sholat di saat berlibur ke kota Melbourne Australia.

Islam adalah agama ke 3 terbanyak di kota Melbourne, atau kurang lebih nya sebanyak 5% penduduk warga Melbourne ini adalah muslim. Walaupun agama ke 3 yang terbesar tetapi angkanya masih kecil (sekitar 250.000 orang di Melbourne) maka tidak di setiap sudut kota ada masjid, musholla atau tempat ibadah seperti di Indonesia.

Tetapi bukannya tidak mungkin untuk yang masih ingin meneruskan ibadanya saat berlibur ke Melbourne. Ada hal-hal yang harus di perhatikan dan informasi yang harus di cari tahu agar ibadah sholat mu tetap bisa di jalankan, pelajar tips-tips nya di artikel bawah ini.

Menjalankan Sholat 5 Waktu, Waktu Sholat yang Selalu Bergeser

Melbourne adalah kota di Australia yang memiliki 4 musim dan menerapkan sistem daylight savings, dimana waktu akan bergeser di bulan October dan Maret setiap tahunnya.

Maka terbenam dan terbitnya matahari pun selalu berubah-ubah lebih drastis di bandingkan negara tropis seperti Indoensia. Jadi jam Fajar, Zuhur, Ashar, Maghrib dan Isya bisa bergeser-geser dalam hitungan jam.

Seperti contoh nya di bulan Januari, maghrib di kota Melbourne bisa di jam 20.30an malam karena di musim panas matahari terbenam di jam yang lebih telat.

Jadi apliksi seperti Muslim Pro bisa membantu kita untuk memberikan notifikasi di jam-jam sholat saat di kota Melbourne. Sebenarnya dengan Google search juga bisa dilakukan, tapi biasanya jam nya lebih akurat di aplikasi Muslim Pro, menurut pengalaman saya.

Plus di aplikasi ini juga bisa mencari kiblat yang benar-benar berguna untuk mencari orientasi hadapan sholat.

Tidak Semua Area Memiliki Musholla atau Masjid

Kota Melbourne memiliki beberapa masjid, seperti Omar Bin Al Khattab Masjid di Preston atau Islamic Council of Victoria Mosque di Melbourne CBD. Tetapi tidak semua suburb di Melbourne ada masjid yang dalam ‘walking distance’.

Pusat perbelanjaan di mall-mall dan tempat umum lainnya biasanya tidak memiliki ‘prayer room’, walaupun seperti di stasiun Southern Cross ada prayer room yang di pakai tidak hanya untuk sholat tetapi untuk tempat sembayang agama lain juga.

Resource yang saya rekomendasi untuk mencari tempat-tempat sholat bisa dilihat website Go Pray! dan available juga aplikasi.

Tidak Semua Tempat Sholat Ada Fasilitas Wudu

Bila suatu tempat di marka memiliki prayer room atau musholla, kamu tetap harus cek apakah dilengkapi fasilitas wudu. Karena tidak semua tempat ada fasilitas wudu.

Perlu di perhatikan kamar mandi umum bukan tempat untuk wudu, karena mengangkat kaki ke wastefel bukan perilaku yang sopan, apa lagi kita sebagai pendatang negara orang lain. Saran saya jangan lakukan wudu di toilet umum. Karena kamar mandi tersebut di pakai banyak orang dan tidak benar juga kalau kita tidak memikirkan orang lain.

Informasi dari website gopray.com.au menandakan tidak boleh wudu di toilet publik
Informasi dari website gopray.com.au menandakan tidak boleh wudu di toilet publik

Kamu bisa cek di website Go Pray! untuk mengetahui apakah tempat sholat yang ingin kamu kunjungi memiliki tempat wudu atau tidak. Bila tidak sebaiknya wudu-mu dilakukan di hotel atau tempat akomodasi kamu, yang pastinya lebih nyaman dari di tempat umum.

Salah satu tempat yang popular untuk sholat di Melbourne adalah di Islamic Council of Victoria Mosque, di tempat seperti ini sudah di pastikan bahwa ada fasilitas wudu khusus untuk kaum muslim yang ingin sholat.

Informasi fasilitas dari website mencari tempat sholat di Melbourne
Contoh informasi yang bisa ditemukan di website gopray.com.au

Musholla Sering di Sebut Musalla

Cara pengejaan istilah-istilah Islam di bahasa Inggris mungkin bisa berbeda dengan kebiasaan Bahasa Indonesia mengeja istilah tersebut. Karena asal-usul nya yang dari bahasa Arab, bisa saja bahasa lain punya interpertasi ejaan yang berbeda.

Contohnya:

  • Musholla di tulis Musalla
  • Ashar di tulis Asr
  • Zuhur di tulis Zuhr
  • Isha di tulis Esha
  • Fajar di tulis Fajr

Untuk Sholat Jumaat, Setiap Tempat Memiliki Jam Khotbah Berbeda

Berbeda dengan di Indonesia, dimana kegiatan sholat jumaat biasanya dilakukan secara serentak setelah Zuhur di masjid-masjid.

Di Australia tidak semua masjid punya jam sholat jumaat yang sama, mayoritas sholat jumaat di lakukan sekitar jam 1.30 siang. Dan ada masjid atau mushola yang memiliki 2 sesi sholat jumaat. Seperti yang saya lampirkan di screenshot.

Contoh sholat jumaat yang memiliki 2 sesi di masjid Australia
contoh informasi dari screenshot website gopray.com.au

Ya betul, sholat jumaat tidak hanya di masjid kalau di Australia, terkadangpun aula dan ruangan umum lainnya sampai musholla pun di jadikan tempat sholat jumaat.

Website seperti Go Pray! mempermudah penganut agama Islam dengan informasi nya yang jelas, di bagian fasilitas biasanya website ini memberikan info bila suatu tempat dilengkapi fasilitas wudu atau tidak. Kalau tempat yang tidak ada fasilitas wudu, sebaiknya kamu untuk wudu dahulu sebelum datang.

Satu lagi, kebiasaan yang saya amati saat melakukan sholat jumaat di Australia (tidak cuma di Melbourne tapi seluruh kota Australia), kebiasaan bersalaman setelah sholat jumaat tidak ada, tidak seperti di Indonesia. Jadi bila kamu ajak bersalaman orang samping kamu, mereka akan sedikit bingung.

Berzakat Bisa Menggunakan Kartu Mastercard atau Visa (Cek di Tempat)

Beberapa masjid di Indonesia sudah menerapkan contactless payment untuk sedekah dan zakat di masjid, seperti menggunakan QRIS di Indonesia. Metode pembayaran di Australia yang populer adalah menggunakan PayWave atau PayPass dari Visa dan MasterCard.

Kalau kamu punya kartu kredit yang fitur contactless nya aktif, kamu bisa berkontribusi di sedekah atau zakat seperti di masjid yang menyediakan mesin EDC contactless.

Kebanyakan tempat ibadah yang saya datangi tidak menerima cash untuk sumbangannya selalu yang saya alami menggunakan contactless kartu kredit.

KJRI Melbourne Sering Mengadakan Sholat Eid

Khusus untuk sholat Eid Idul Fitri, setiap tahun Konsulat Jendral (KJRI) Melbourne, selalu mengadakan sholat eid bersama. Kalau kamu lagi berlibur lebaran di Melbourne dan ingin mengikuti sholat Eid yang berbahasa Indonesia bisa ikut disini.

Tapi untuk jam dan instruksi nya selalu lihat official news dari KJRI Melbourne ya.

KJRI Melbourne

72 Queens Rd, Melbourne VIC 3004, Australia

Instagram | Twitter

Menjalankan Beribadah Sholat di Melbourne Masih Memungkinkan Saat Liburan

Jadi konklusinya, sebenarnya jalan-jalan liburan ke Melbourne masih bisa kok melakukan ibadah sholat.

Untuk turis atau pengunjung Indonesia yang beragam islam bisa cek resource seperti aplikasi Mulsim Pro untuk melihat arah kiblat dan jam-jam sholat. Untuk mencari lokasi-lokasi sholat di Kota Melbourne gunakan website seperti Go Pray!

Tapi ingat ya, tetap hormati dan patuhi peraturan yang berlaku disana. Sebagai pendatang kita juga harus menghormati warga-warga lokal disana, jadi kalau kegiatan ibadah mu itu mengganggu warga setempat (contoh wudu di toilet umum, naikin kaki ke wastafel atau sholat di trotoar karena gedung penuh) itu juga tidak baik.

Oh ya kalau kamu mencari makanan yang bersertifikat halal di kota Melbourne, baca artikel ini untuk lihat restaurant-restaurant halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *