Skip to main content
Paket Roaming Data apa yang bisa di pakai di Australia

Travel ke Australia Lebih Baik Pakai eSim, Data Roaming atau Nomor Lokal?

Konektivitas data sudah bukan lagi kebutuhan sekunder dalam traveling, ini sudah di anggap “essential” dalam traveling. Untuk beberapa orang koneksi data untuk memposting liburan mereka ke social circle mereka bisa menjadi tujuan utama mereka travel ke luar negri.

Mungkin juga kalian di dalam karir atau pekerjaan yang mewajibkan ketersediaan online kalian terhadap pekerjaan walaupun sedang tidak sedang berlokasi di Indonesia. Di tahun 2024 ini sudah banyak metode-metode yang bisa kita telurusi untuk mendapatkan konektivitas data di Australia.

Apa pun alasan kamu untuk mendapatkan konektivitas di Australia, artikel ini akan breakdown metode apa yang paling menguntungkan user.

Beli Paket Roaming Data di Nomor Utama

Memakai Paket Roaming Data dari nomor utama kalian pasti nya adalah jalan yang paling nyaman dan mudah. Tetapi paket roaming data, apa pun provider, kelemahannya pastinya pelit data dan harga nya yang mahal.

Tetapi kelebihan yang tidak bisa di kalahkan oleh konektivitas lainnya, dari kalian mendarat di Australia, koneksi data sudah tersambung. Berarti untuk kalian yang suka menggunakan antar-jemput seperti Uber di Airport atau yang janjian dengan jemputan saat mendarat bisa langsung berkomunikasi.

Paket roaming Australia dengan Indosat hanya 15 GB dan untuk 7 Hari

Sayangnya paket roaming ini biasanya hanya mempunyai durasi yang pendek dan data yang kurang banyak, apa lagi di jaman sekarang. Dan jeleknya lagi, untuk kalian yang suka di telpon oleh telemarketing, keluarga atau teman secara dadakan, bisa-bisa tagihan atau pulsa kalian bisa di “sedot” karena menerima telpon di luar negri.

Dan tergantung dari provider kalian juga, bila masa paket sudah habis tetapi kalian masih pakai konektivitas nya di luar negri, tanpa di sadari tagihan atau pulsa Anda bisa habis dalam waktu yang sangat cepat. Sudah sering mendengan pengguna yang tanpa sadar roaming dan tiba-tiba melihat tagihannya jutaan rupiah.

Kelebihan:

  • Bisa langsung janjian dengan jemputan / Uber di Airport
  • Tidak usah ganti SIM Card
  • Nomor utama tetap jalan
  • Mudah dan bisa di siapkan sebelum berangkat

Kekurangan:

  • Tagihan bisa membengkak kalau tidak di control
  • Durasi yang pendek dan Data yang tidak terlalu banyak
  • Mahal untuk data yang berikan

Beli eSIM International dengan Data

Teknologi eSIM sudah di anggap teknologi yang sudah di adopsi di iPhone dan Android belakangan ini. Bila kalian mempunyai smartphone yang keluaran 2-3 tahun terakhir, kemungkinan besar smartphone Anda mendukung penggunaan eSIM. Tapi di cek kembali ya dari model smartphone yang untuk memastikan.

eSIM sebenarnya versi SIM card fisik yang digital, jadi tidak memerlukan eject / insert SIM card di smartphone kalian untuk menggunakannya. Kadang hanya menggunakan link atau scan QR code saja sudah bisa aktifkan nomornya.

Ini sangat memudahkan pengguna iPhone yang untuk eject nya saja memerlukan peniti atau jarum, dan sering kali ini adalah hal yang terlupakan saat kita traveling.

Dan canggihnya lagi eSIM International Data roaming sudah banyak di tawarkan. Contohnya kita ambil eSIM yang bisa di beli di aplikasi Traveloka (ada banyak tidak harus disini). Package data dan durasi nya bisa di bilang mirip dengan roaming di nomor utama kita.

Contoh paket eSIM yang bisa di beli di Traveloka untuk ke Australia

Dengan menggunakan nomor terpisah, nomor utama kalian pasti nya aman dari “pulsa bocor” atau “tagihan bengkak” karena bila data atau durasi nya sudah habis data nya akan habis dan user pasti akan sadar.

Tapi untuk user yang berumur atau yang tidak biasa dengan interaksi teknologi, ini bisa menjadikan suatu hal yang membuat mereka terintimidasi. Karena menggunakan eSIM berarti akan ada 2 nomor yang aktif bersamaan (seperti dual SIM card), dan kalau mereka tidak bisa melakukan setting yang benar, bisa-bisa mereka akan merasa menggunakan eSIM data padahal karena setting yang salah malah menggunakan nomor utama mereka.

Kelebihan:

  • Nomor bisa di siapkan sebelum berangkat
  • Bisa mencegah pulsa bocor / tagihan membengkak
  • Siapa saja bisa membeli eSIM
  • Nomor lama bisa tetap jalan bila ada kapabilitas dual sim smartphone nya
  • Aktivasi yang cepat

Kekurangan:

  • Tergolong mahal
  • Perlu sedikit teknis untuk ganti ke eSIM
  • Tidak cocok untuk yang travel jangka pajang (2 minggu keatas)
  • Banyak pilihannya, bisa salah pilih paket atau negara

Beli Nomor Lokal di Australia

Membeli nomor lokal, menurut saya adalah cara yang ternyaman untuk saya sendiri. Terutama untuk yang sering travel ke Australia lebih dari 1 minggu.

Karena dengan membeli nomor lokal, kita mendapat value yang terbaik di uang kita, dan mendapatkan data yang perpuluh-puluh gigabyte sebagai welcoming package. Contoh nya dengan Optus, dengan pre-paid SIM mereka yang $17 (sekitar 170-an) data yang di dapat per nulis artikel ini bisa sampai 80 GB (check promo yang berlaku di website optus).

Contoh deal plan yang ada di Optus, dengan paket data yang besar

Tetapi untuk mendapatkan deal ini, kita harus memasan SIM card nya tersebut secara online dan mengirim ke alamat tempat tinggal di Australia nanti. Biasanya akomodasi seperti hotel atau serviced apartment bisa kita kirimkan email dan di infokan bahwa akan ada barang kiriman atas nama kita nantinya.

Tetapi akomodasi seperti di Airbnb, belum tentu bisa menerima barang kiriman. Dan deal ini hanya bisa untuk SIM card fisik dan hanya bisa di aktifkan setelah passport kita di input oleh imigrasi Australia (tidak bisa di aktifkan diluar Australia), karena untuk pendaftarannya butuh input nomor passport kita.

Alternative nya, kita bisa juga membeli langsung eSIM Optus yang langsung aktif melalui aplikasi My Optus. Tetapi kelemahan metode ini, karena harus download dan melalui aplikasi kalian harus punya koneksi internet untuk daftar eSIM ini.

Beberapa kali saya mengaktifkan eSIM saat sudah tiba di hotel atau tempat akomodasi yang ada WI-FI nya, atau di tempat publik yang menyediakan koneksi Wi-Fi. Dan sebenarnya tidak di recommend untuk kita bertransaksi dengan kartu kredit secara online dengan Wi-Fi publik.

Kelebihan lainnya mempunyai nomor lokal Australia, kalian bisa berinteraksi dengan bisnis-bisnis di Australia menggunakan nomor lokal, contohnya hotel kalian bisa memberikan info kalau check-in kamar sudah ready dengan telepon lokal, atau kalian bisa pesan taxi melalui telpon dengan ada nya nomor telpon lokal Australia.

Kelebihan:

  • Data paling banyak
  • Pilihan paling ekonomis
  • Bisa langsung aktif dengan eSIM Optus
  • Pengguna baru dapat data banyak untuk 28 hari pertama (Optus)
  • Bisa berinteraksi dengan bisnis lokal Australia, seperti hotel, taxi sampai sewa mobil

Kekurangan:

  • Tidak bisa langsung aktif saat landing, karena hanya bisa regristrasi setelah nomor passport di input imigrasi Australia
  • Perlu registrasi
  • Perlu ganti SIM (kalau pakai SIM Fisik)
  • Perlu memiliki alamat kirim (SIM fisik)
  • Harus download Apps dahulu untuk beli nya

Free Wi-Fi di Tempat Publik

Metode konektivitas ini adalah yang gratis dan tidak memerlukan biaya. Tetapi kalian harus berkertergantungan dengan koneksi Wi-Fi publik yang bisa saja tidak “reliable” dan suka putus-putus.

Dan kultur di kota-kota Besar Australia, jarang sekali ada mall (kecuali di suburb / jauh dari pusat kota), dan jangakauan kalian hanya sebatas signal Wi-Fi tersebut.

Tetapi free Wi-Fi bisa di temukan di mana mana, seperti di pusat pembelanjaan, cafe atau restaurant. Jadi untuk traveler yang tidak mau mengeluarkan dana sama sekali untuk konektivitas mereka bisa mengandalkan metode mencari free Wi-Fi ini.

Kelebihan:

  • Gratis

Kekurangan:

  • Hanya sebatas kekuatan signal Wi-Fi
  • Mungkin tidak terlalu reliable di beberapa waktu
  • Kurang aman bila harus bertransaksi menggunakan kartu kredit

Mana yang Lebih Cocok Untuk Saya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mungkin saya mulai dari pengalaman pribadi saya sendiri. Saya lebih suka menggunakan nomor lokal, bukan karena secara value saja itu yang terbaik, tetapi durasi liburan juga menjadi faktor.

Dan biasanya kalau berpergian ke Australi, saya berpergi dengan keluarga, yang mungkin bawa electronic device yang perlu menggunakan konektivitas data, seperti iPad atau lainnya. Jadi kenyamanan mempunyai perpuluh-puluh giga dan tidak akan membuat tagihan membengkak jadi pilihan saya.

Kalau hanya dalam hitungan yang pendek di Australia, mungkin menggunakan roaming atau eSIM lainnya bisa jadi pilihan yang cocok. Atau bahkan kalau hanya singgah 1-2 hari lalu menuju ke negara lain setelah itu (contohnysa ke New Zealand), bisa juga hanya menggunakan koneksi Wi-Fi dari hotel atau tempat umum.

Jadi sebenarnya ini tergantung dari situasi masing-masing. Bila durasi liburan atau stay di Australia tentunya punya nomor lokal paling menguntungkan. Tetapi kalau biaya data roaming bukan jadi masalah, menggunakan paket roaming data adalah jalan yang paling nyaman.

Atau yang memerlukan data yang banyak saat traveling ke Australia, tentunya cara menggunakan SIM card lokal bisa menjadi pilihan terbaik untuk traveler yang seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *